Kupas Mesin Honda Blade

Jumat, 05/12/2008 15:31 WIB

Kupas Mesin Honda Blade

Syubhan Akib – detikOto
Gambar
Foto: Syubhan Akib

Jakarta – Kehadiran Honda Blade 110R sepertinya bakal memberikan angin segar bagi dunia otomotif dalam negeri. Karena selain mengusung desain yang benar-benar baru, motor sporty ini ternyata juga mengusung mesin baru yang tidak sama dengan yang digunakan Honda pada motor bebek lain yang mereka produksi.

Sebab, mesin 4 tak yang diusung Blade ini memiliki kapasitas 110 cc SOHC yang selain telah memenuhi standar emisi Euro 2 ternyata juga telah dilengkapi dengan teknologi SASS (Secondary Air Supply System) dan CECS (Crankcase Emision Control System).

Selain itu, Blade 110R sangat irit bahan bakar, karena juga diklaim lebih irit dari Supra X 125 yang selama ini dikenal sebagai motor paling irit di Indonesia.

Namun, jangan macam-macam dengan performanya, sebab, motor yang mengambil platform dari CZ-i ini diklaim sangat tangguh, bandel serta bertenaga.

Dari mesin yang tertanam di Blade dapat tersembur tenaga hingga 8,46 ps pada 7.500 rpm dengan torsi mencapai 0,86 kgf-m @ 5.500 rpm.

Apalagi motor ini pun juga telah dilengkapi dengan Sporty Oval Muffler, sebuah knalpot yang berbentuk oval, yang selain menambah prima tenaga yang dihasilakn juga terbukti memberikan kesan gagah dan sensasi berkendara yang berbeda pada motor ini.

Desain

Desain Blade pun juga bisa dibilang sedikit revolusioner. Karena, disain yang pengembangannya membutuhkan waktu 1,5 tahun ini terlihat sangat sporty.

Desain lampu depan yang menyatu dengan sein terlihat sangat menawan, apalagi ditambah dengan desain sporty 3D Fearing Shield yang terlihat inovatif. Bagian inilah yang membuat motor bebek paling gres ini jadi terlihat tangguh.

Sporty Front Fender yang memiliki disain yang bergaya down fender yang stylis dan sporty ini juga ikut menyumbangkan penampilan yang mengasyikkan bagi Blade 110R untuk melawan saingan terdekatnya, yaitu, Yamaha Jupiter Z.

Blade juga dilengkapi dengan Illuminated Dialmeter yang memiliki disain yang atraktif dengan ukuran yang cukup besar. Illuminated Dialmeter ini juga dilengkapi dengan lampu iluminasi yang selain berguna untuk membantu pengendara melihatnya, juga secara langsung menjadikan penampilan motor ini menjadi bertambah mutahir.

Dengan beberapa perbaikan ini Blade 100R diklaim memiliki tenaga 16% lebih besar dari Revo dan konsumsi bahan bakar 5% lebih irit dari Revo. Blade 110R mampu memuntahkan 8,99 ps sedang Revo hanya 7,3 ps.
( syu / ddn )

Tadinya sih berharap angin segar banget….

Cuman setelah ada berita ternyata Blade 110R pakek karburator alias gak seperti embahnya ( CZ-i, pake injeksi), jadi kecoak juga nih.. eh.. kecewa juga nih, secara kalo dari segi penampilan si Blade ini gak baru-baru amat.. mirip Jupiter-MX atau Arashi gitu.. terus kalo gak pake injeksi memangnya effesiensi BBM nya masih seirit itu ya??.. yang lebih sedih waktu denger info bahwa pemakaian karburator ini dimaksudkan supaya si Blade ini terjangkau oleh orang Indonesia… weleh.. weleh.. hiks hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: