Hati-Hati, Anggota Dewan Yang Doyan Bolos Jelang Pemilu

Hati-Hati, Anggota Dewan Yang Doyan Bolos Jelang Pemilu

Suasana rapat DPR

Kamis, 18 Desember 2008 | 11:38 WIB

JAKARTA, KAMIS – Menjelang Pemilu, kader-kader partai disibukkan dengan berbagai persiapan. Tak terkecuali para kader partai yang masih berstatus sebagai anggota dewan. Tak sedikit yang akhirnya “menelantarkan” tugas dan tanggung jawab mereka sebagai wakil rakyat alias bolos dalam berbagai agenda.

Untuk mengantisipasi kondisi ini, Ketua Fraksi Kebangkitan Bangsa Effendi Choiri berencana mengenakan sanksi kepada anggota fraksinya yang mulai mangkir dari tanggung jawabnya. Menurut pria yang akrab dipanggil Gus Choi ini, mengumumkan nama-nama anggota yang jarang hadir dalam setiap agenda DPR dapat menjadi langkah awal antisipasi.

“Nanti kita mau umumkan, kalau perlu menjelang akhir tahun ini, mana-mana anggota yang aktif dan yang tidak aktif, atau nanti waktu reses kita rekap siapa-siapa yang aktif dan tidak,” ujar Gus Choi di Gedung DPR RI, Kamis (18/12).

Gus Choi mencatat saat ini, banyak anggota dewan yang mulai jarang mengikuti agenda DPR, baik rapat pansus, komisi, maupun paripurna karena sibuk dengan agenda kampanyenya di dapil masing-masing. Sanksi awal ini dinilai paling tepat supaya agar publik dapat menilai kinerja para anggota dewan tersebut. “Karena ini politik biar publik yang menilai, selama satu tahun, waktu RUU Transnational, saya di ruangan tinggal bertiga, PDIP ada empat orang padahal tanda tangan ada,” ujar Gus Choi.

Pola pikir anggota dewan bukan lagi ke arah menyelesaikan tanggung jawab sepenuhnya, namun lebih berpikir “tahunya beres” saja. “Kalau tidak ada voting dianggap tidak ada masalah berarti kalau nggak ada voting berarti di komisi udah selesai,” tandas Gus Choi. Gus Choi berharap Sekretariat Jendral DPR dan Pimpinan DPR juga memperhatikan masalah ini.
LIN

Kira-kira kapan ya…. Generasinya dimana kedudukan DPR dijadikan sebagai “Amanah Agung” dan bukan hanya sekedar “lahan pekerjaan/ cari duit semata”.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: