Selain Suka Ngibul Ternyata Juga Kekanak-kanakan

Jumat, 26/12/2008 13:10 WIB

Minta Kenaikan Alpha, Pertamina Dituding Kekanak-kanakan

Nurseffi Dwi Wahyuni – detikFinance


(Foto: dok detikFinance)

Jakarta – Permintaan Pertamina (Persero) agar nilai alpha distribusi BBM subsidi dinaikkan menjadi 12,5 persen dinilai kekanak-kanakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat.

“Permasalahannya pada waktu BBM subsidi ditenderkan, mereka sanggup dengan persyaratan itu. Namun sekarang setelah menang tender, Pertamina meminta alpha dinaikkan, itu kan sangat kekanak-kanakan,” ujar Anggota Komisi VII DPR Alvin Lie saat dihubungi detikFinance, di Jakarta, Jumat (26/12/2008).

Menurut Alvin, jika Pertamina ingin alpha dinaikan menjadi 12,5 persen, maka harus ditenderkan ulang dengan semua peserta yang mengikuti proses lelang tersebut. “Kalau mau alpha dinaikkan menjadi 12,5 persen sebaiknya ditender ulang dengan semua. Tidak setelah diputuskan menang, itu curang namanya,” ungkapnya.

DPR sendiri, lanjut Alvin, tidak akan menggubris permintaan Pertamina tersebut. “Kami akan pertahankan dan tidak akan menyetujuinya. Kalau Pertamina rugi, ya dia harus menerima itu sebagai konsekuensinya,” kata politis PAN ini.

Dengan harga minyak dan nilai tukar sekarang, imbuh Alvin, idealnya alpha memang berada di bawah 10 persen. “Ya sekitar 8-9 persen. Dalam APBN 2008 saja, kita turunkan dari 11 persen ke 9 persen, masa sekarang mau dinaikkan lagi ke 12,5
persen,” katanya.

Alvin menambahkan, pihaknya tidak akan memanggil Pertamina untuk mengklarifikasi masalah ini. “Yang berwenang adalah pemerintah. Sejauh ini pemerintah belum mengajukan dan saya rasa pemerintah juga tidak akan gegabah,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pertamina mengaku menanggung kerugian hingga Rp 2 triliun dengan jatah alpha sebesar 8%. Menurut Direktur Utama Pertamina Ari Soemarno, dengan harga minyak dunia US$ 50 per barel dan kurs Rp 11.000/US$, maka alpha distribusi BBM subsidi harusnya 12,5%.

“Sementara jika harga minyak mencapai US$ 80 per barel dan kurs sebesar Rp 9.400/US$, maka alpha yang ideal adalah sebesar 10%,” katanya.

Untuk itu, Pertamina mengajukan permohonan ke kementerian BUMN dan Depkeu agar alpha ini dinaikkan.

(epi/ir)

Woah……. Cuapek Buangetttttt dehhhhhhhhhhh…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: